BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian
Penyakit muskuloskeletal adalah penyakit yang paling sering menyebabkan rasa nyeri. WHO menyatakan bahwa prevalensi rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit muskuloskeletal di Indonesia tinggi. Penyakit muskuloskeletal ini banyak menyerang para lansia, yang dikarenakan degenerasi fisiologis di dalam tubuh. Keluhan penyakit muskuloskeletal pada bagian-bagian skeletal yang dirasakan seseorang mulai dari keluhan yang sangat ringan sampai berat apabila otot menerima beban statis secara berulang dan dalam kurun waktu yang lama maka dapat menyebabkan kerusakan pada otot, saraf, tendon, persendian, kartilago dan diskus vertebralis
Usia harapan hidup manusia kian meningkat dari waktu ke waktu. Di Indonesia, usia harapan hidup perempuan meningkat dari usia 48,1 di tahun 1970 menjadi 70 tahun di pada 2000, sementara pada laki-laki lebih rendah yaitu dari usia 45 tahun menjadi 65 tahun.Berdasarkan data proyeksi penduduk tahun 1990 – 2025 dari Badan Pusat Statistik di tahun 2000, jumlah penduduk usia lanjut mencapai 7,28 % atau sekitar 15,2 juta jiwa dari total jumlah penduduk Indonesia. Dan akan meningkat di tahun 2020 menjadi 11,34% dari total jumlah penduduk Indonesia. Bahkan data USA Bureau of the Cencus memperkirakan pertambahan warga usia lanjut Indonesia adalah terbesar di dunia yaitu 414% antara 1990- 2025.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diutarakan sebelumnya, penulis dapat mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Apa saja yang termasuk penyakit muskuloskeletal yang banyak diderita masyarakat di Puskesmas Melong Asih.
2. Apa saja kendala yang dihadapi para petugas puskesmas dalam menangani pasien dengan penyakit muskuloskeletal.
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyakit muskuloskeletal di daerah Puskesmas Melong Asih.
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyakit muskuloskeletal di daerah Puskesmas Melong Asih.
Tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui jenis penyakit muskuloskeletal di Puskesmas Melong Asih.
2. Untuk mengetahui penyakit yang sering diderita pasien di Puskesmas Melong Asih.
3. Untuk mengetahui terapi apa yang diberikan.
4. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi para petugas puskesmas dalam menangani pasien dengan penyakit muskuloskeletal

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini yaitu:
1. Bagi penulis adalah untuk memenuhi tugas makalah PLK Blok 10 Sistem Dermatomuskuloskletal.
2. Bagi masyarakat yang membaca makalah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit dermatomuskuloskeletal.
3. Bagi mahasiswa dan kalangan akademi lainnya, diharapkan makalah ini dapat menambah pengetahuan dan dapat menjadi bahan masukkan untuk penelitian yang berkaitan dengan dermatomuskuloskeletal mengingat tingginya prevalensi penyakit ini di masyarakat.

Download makalah lengkap nya di link ini :

http://www.4shared.com/file/l0rNDBIZ/MAKALAH_PLK_BLOK_10_TUTOR_8_FK.html